Ahli Shuffah, Tempat Istimewa di Masjid Nabawi Madinah


Risalah Madina - Jika masuk ke Masjid Nabawi dari arah belakang sebelum rumah Nabi Saw, atau sebelah raudhah ada satu tempat yang ditinggikan lantainya dan diberi pagar sekelilingnya.  Dekat dengan dengan pintu Jibril. Tempat ini istimewa, karena dulunya tempat duduk sebagian sahabat untuk menunggu shalat,  menunggu tausiyah, dan pengajian Rasulullah Saw. Mereka ini disebut dengan Ahlu Suffah. Tempat ahlu suffah saat ini, hanya dianggap bagian dari Masjid Nabawi bagi yang tidak tahu sejarahnya.
Namun ternyata tempat ini sejarahnya sangat luar biasa, karena dari tempat inilah, salah satu jalur yang menyebakan Islam dikenal sampai ke seluruh dunia, sampai ke generasi berikutnya. Sebuat tempat sederhana yang mungkin banyak dilupakan orang. Tidak ada keistimewaan di tempat ini, tidak sunnah shalat di tempat ini. Hanya menunjukan saja, atau dilestarikan saja sebagau bagian perjuangan Nabi Saw beserta para sahabatnya untuk mendakwahkan Islam.
Siapakah Ahli Suffah itu? Seberapa istimewakah mereka hingga tempat mereka ditinggikan di Masjid Nabawi? Ahli suffah adalah mereka yang tidak mempunyai pekerjaan dan datang dari luar Kota Madinah. Kedatangan mereka ke Madinah semata-mata untuk mempelajari ilmu dari Rasulullah SAW dan mereka sering menjadi tamu para sahabat RA. Waktu mereka umumnya dihabiskan untuk belajar, beribadah, dan berjihad di jalan Allah SWT.

Mereka mempunyai dua sifat yang unggul, yaitu tidak mengharapkan apa-apa dari makhluk (manusia) dan tidak melafazkan dengan kata-kata akan kehendak atau keperluan mereka itu. DIantara para ahlu suffah yang menonjol diantaranya Abu Hurairah, Abu Dzar Al-Ghifari, Abu Said Al-Khudri, Abdullah bin Mas’ud dsb. Mereka ini adalah sahabat besar dan banyak meriwayatkan hadist. Misalnya Abu Hurairah ra yang hampir kebanyakan hadist sahih dalam bukhari Muslim diriwayatkan oleh Abu Hurairah.
0 Komentar untuk "Ahli Shuffah, Tempat Istimewa di Masjid Nabawi Madinah"

Back To Top